Bahaya Kebakaran Rumah di Pemukiman Padat

May 31, 2019

insurance


Kebakaran adalah salah satu jenis musibah yang membahayakan, bukan hanya bagi rumah dan harta benda tapi juga keselamatan diri Anda sendiri beserta keluarga sebagai penghuni rumah. Apalagi jika rumahnya terletak di pemukiman yang padat.

Kenapa pemukiman padat lebih rentan untuk bahaya kebakaran? Karena api yang tersulut dan berkobar bisa cepat merembet dari satu rumah ke rumah yang lain. Oleh karena itu lah Anda harus berhati-hati dan waspada sekali dengan kemungkinan terjadinya musibah kebakaran karena efeknya bisa berimbas kemana-mana, di antaranya:

  1. Membuat Anda sekeluarga kehilangan tempat tinggal

Rumah sebagai tempat bernaung adalah salah satu harta beharga yang harusnya Anda jaga. Rumahlah tempat Anda dan keluarga tinggal, hidup dan menciptakan kenangan bersama. Kehilangan rumah mungkin bahkan bukan hanya menyebabkan Anda kehilangan tempat tinggal, tapi juga kehilangan jejak bisu kenangan-kenangan masa kecil yang Anda torehkan bersama keluarga sejak Anda masih kecil.

  1. Kehilangan harta benda yang berharga

Selain sebagai tempat bernaung Anda dan keluarga sebagai penghuni rumah, rumah bisa dibilang juga merupakan tempat bernaung segala harta dan benda Anda. Jika rumah Anda habis terbakar, berikut pula harta dan benda Anda. Segala tabungan atau barang berharga yang mungkin Anda simpan di rumah pun bisa turut menjadi korbannya. Hal ini tentu saja akan menambah kerugian yang tentu saja tidak sedikit jumlahnya.

  1. Membahayakan diri sendiri dan seluruh orang rumah

Poin ketiga ini mungkin merupakan poin yang paling penting. Jika rumah dan harta bisa dibangun dan dicari lagi, tidak demikian dengan keselamatan Anda dan keluarga Anda sendiri. Oleh karena itu lah Anda perlu waspada agar jangan sampai bahaya kebakaran menyentuh rumah Anda.

Dari ketiga hal yang disebutkan di atas, bisa dilihat betapa bahayanya kebakaran, bukan? Di sinilah peran penting asuransi rumah untuk Anda gunakan. Asuransi tradisonal seperti ini mungkin memang tidak bisa mencegah bahaya kebakaran, tapi kehadirannya setidaknya bisa membantu meminimalisir dampak buruk akibat kebakaran.

Dengan menggunakan asuransi rumah, Anda setidaknya tidak perlu terlalu mengkhawatirkan kerugian yang harus Anda tanggung jika rumah Anda kebakaran, karena pihak asuransi akan menjadi pihak yang bisa membantu menanggung kerugian tersebut. Besarnya kerugian yang mungkin Anda alami itu tidak akan menjadi kerugian yang harus ditanggung sendiri, dan keuntungan itu bisa Anda dapat hanya dengan menyisihkan sedikit dari penghasilan Anda setiap bulan atau setiap tahunnya untuk membayar premi asuansi.

Asuransi adalah ibarat Anda berinvestasi untuk keamanan dan kenyamanan Anda sendiri. Hal ini bisa dilakukan bahkan tanpa mengocek harga yang mahal. Terlebih lagi, asuransi untuk rumah juga mampu menanggung kerugian akibat bahaya lainnya, misalnya saja bencana alam.


Join the Discussion