Kiat-Kiat Aman untuk Travelling Sendirian

April 3, 2019

insurance

Travelling bisa dibilang merupakan suatu hal yang diminati oleh sebagian besar orang di dunia, terutama travelling dalam rangka liburan dan menjelajah tempat baru. Selain untuk refreshing atau menyegarkan pikiran, pergi berlibur bisa digunakan sebagai salah satu cara Anda beristirahat, memanjakan mata setelah aktivitas yang padat, atau sekadar mendapatkan pengalaman baru. Travelling biasanya dilakukan bersama keluarga, teman-teman, atau orang tercinta, tapi pernahkah Anda mencoba travelling sendirian?

Travelling bersama kawan memang menyenangkan, tapi travelling sendirian pun sebenarnya tidak kalah menyenangkannya. Seringkali kita susah untuk menyocokkan jadwal dengan kawan perjalanan untuk menentukan waktu perjalanan terbaik, belum lagi beberapa faktor lainnya yang harus dipertimbangkan antara Anda dan kawan perjalanan Anda. Nah, jangan sampai hal ini menjadi hambatan atau penunda Anda mengapresiasi diri sendiri dengan melakukan perjalanan liburan. Anda bisa mencobanya sekali-sekali dan menganggap diri sendiri sebagai tokoh utama dalam sebuah film petualangan untuk menjelajah tempat baru. Jika takut atau ragu karena belum pernah melakukan perjalanan liburan sendiri, berikut ini adalah kiat-kiat aman untuk travelling sendirian:

  1. Bijaklah memilih tempat

Sebelum melakukan perjalanan, hal pertama yang perlu Anda lakukan tentu memilih tempat tujuan. Yang perlu diperhatikan di sini adalah kebijakan Anda memilih tempat. Jangan hanya memilih tempat yang Anda sukai atau sangat ingin Anda datangi tanpa mempertimbangkan kondisinya. Misalnya saja, tempat tujuan yang tidak sesuai budget atau tempat tujuan yang terlalu jauh sementara ini adalah perjalanan Anda yang pertama kali. Jika ini adalah pertama kalinya Anda melakukan perjalanan sendiri, ada baiknya untuk tidak memilih tempat yang terlalu jauh terlebih dahulu.

  1. Persiapkan budget yang cukup

Pastikan jika budget Anda cukup untuk perjalanan nanti. Jika jumlahnya melebihi uang yang biasa Anda pegang, sisihkan uang Anda dari jauh-jauh hari sebagai tabungan agar uang Anda cukup. Usahakan tidak menyiapkan uang yang pas-pasan karena perjalanan ini akan Anda lakukan sendiri—Andalah yang bertanggung jawab seutuhnya.

  1. Riset tempat-tempat wisata

Jangan lupa untuk mencari tahu atau melakukan riset tentang tempat tujuan Anda sebelumnya, terutama tempat-tempat wisatanya. Coba cari tempat wisata mana saja yang kira-kira bagus dan memungkinkan untuk Anda kunjungi. Cari dan catat lokasinya, lakukan juga pengecekan tentang akomodasi yang bisa Anda gunakan untuk menuju tempat-tempat wisata tersebut.

  1. Memesan hotel atau penginapan sebelum berangkat

Penting bagi Anda untuk memesan tempat menginap sebelum Anda melangkahkan kaki ke tempat tujuan. Hal ini berguna agar jelas tujuan nantinya Anda kemana, dan tidak terkatung-katung mencari tempat menginap. Akan lebih baik lagi jika Anda memiliki teman atau saudara yang tinggal di tempat tujuan yang bisa Anda tumpangi rumahnya. Selain lebih terjamin dan low budget, teman di kota tersebut pun bisa menemani Anda melihat-lihat di sana jika Anda mau, bukan?

  1. Menggunakan asuransi perjalanan

Asuransi perjalanan adalah salah satu hal yang perlu untuk Anda miliki sebagai perlindungan yang efektif ketika Anda melakukan perjalanan. Asuransi tradisional perjalanan membuat Anda tidak perlu terlalu khawatir dengan hal-hal buruk yang mungkin menimpa Anda di perjalanan, pertanggungan yang dimiliki asuransi perjalanan bahkan menjamin Anda mendapatkan pelayanan terbaik di rumah sakit setempat dan mendatangkan keluarga atau wali Anda—jika diperlukan.


Join the Discussion