Mudik Jauh dengan Motor, Bahaya Tidak?

March 6, 2019

insurance

Ada bermacam-maca cara untuk mudik, di antaranya yaitu menggunakan transportasi darat, transportasi udara, bahkan transportasi laut. Hal itu tergantung dengan lokasi kampung halaman, kemampuan, dan preferensi masing-masing. Transportasi darat sendiri dibedakan menjadi beberapa cara; ada yang menggunakan kereta, bus, mobil, hingga menggunakan motor.

Mudik dengan menggunakan alat transportasi darat memang bisa dibilang lebih lelah dibandingkan transportasi udara dan laut karena jauhnya jarak dan durasi perjalanan yang menjadi semakin lama. Belum lagi dengan kemacetan di jalur-jalur mudik yang sudah akrab kita lihat di berita. Nah, dibandingkan mobil, motor pun bisa dibilang lebih fleksibel ketika kita berjumpa dengan yang namanya macet. Tapi, amankah jika motor digunakan untuk bepergian jauh seperti mudik?

Jawabannya bisa ya dan bisa tidak, tergantung dari bagaimana Anda menyikapinya. Berikut ini adalah beberapa fakta yang bisa Anda pertimbangkan jika Anda ingin pulang kampung dengan menggunakan motor.

  1. Pertimbangkan Lokasinya

Jangan memaksa menggunakan motor jika lokasinya memang tidak memungkinkan, misalnya saja jika kampung Anda terletak di seberang pulau. Namun jika masih satu pulau, dan Anda tahu jalan menuju lokasinya tidak curam atau aman dilalui dengan menggunakan motor, maka silakan saja.

2. Pertimbangkan Kondisi Pengendara

Pastikan jika pengemudi motornya memang merupakan orang yang benar-benar paham dengan motor dan sudah biasa mengemudikan motor dan memiliki kondisi tubuh yang fit. Selain pengemudi, perhatikan pula kondisi penumpang sebagai pengendara motornya juga. Jangan menggunakan motor jika baik pengendara maupun pengemudi memiliki kondisi fisik yang lemah dan tidak kuat berkendara jauh dengan menggunakan kendaraan roda dua.

3. Pertimbangkan Muatan yang Akan Dibawa

Jika bawaannya terlalu banyak, jangan sekali-sekali Anda nekat untuk pulang kampung dengan menggunakan motor. Selain membahayakan diri sendiri, hal ini pun bisa membahayakan pengendara yang lain di jalanan. Apalagi jika satu motor dinaiki oleh lebih dari dua penumpang, resiko kecelakaannya akan lebih besar.

4. Pertimbangkan Perlindungan yang Dimiliki

Jika Anda menggunakan asuransi tradisional yang disebut asuransi motor, mudik dengan menggunakan motor bisa terasa lebih aman dan tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Asuransi motor biasanya tidak hanya memberikan pertanggungan untuk motor yang rusak jika terjadi kecelakaan, tapi juga keselamatan Anda sendiri. Terutama karena pihak asuransi bersedia untuk menanggung biaya pengobatan di rumah sakit dalam beberapa produk yang tersedia.

Demikianlah sekiranya hal-hal yang perlu diperhatikan jika Anda berniat untuk pulang ke kampung halaman dengan menggunakan kendaraan roda dua. Kesimpulannya adalah: menggunakan motor untuk mudik bisa jadi aman selama Anda memperhatikan setiap faktor yang ada. Yang utama adalah harus berhati-hati dalam setiap kondisi dan jangan pernah mengesampingkan hal kecil apapun yang bisa menghindarkan Anda dari hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan.


Join the Discussion