Tips untuk Anda yang Mau Mudik

May 14, 2019

insurance


Mudik sudah menjadi suatu hal yang lumrah dilakukan oleh masyarakat Indonesia setiap bulan Ramadan, terutama pada waktu-waktu menjelang lebaran. Kata “mudik” yang sudah akrab di telinga ini kerap diartikan sebagai “kepulangan” masyarakat Ibu Kota menuju kampung halamannya. Tentu hal ini tidak terlepas dari fakta bahwa sebagian besar penduduk Ibu Kota memang berasal dari daerah atau bahkan pulau seberang.

Jika Anda adalah satu dari orang-orang yang melaksanakan mudik setiap tahun, Anda pasti sudah betul-betul paham akan lika-liku mudik yang harus Anda hadapi. Untuk membuat perjalanan mudik Anda menjadi lebih mudah dan aman, berikut ini adalah tips-tips yang bisa Anda ikuti:

  1. Memesan tiket dari jauh-jauh hari

Sudah menjadi rahasia umum jika harga tiket menjadi lebih mahal di hari-hari besar seperti lebaran, entah di hari H-nya atau pun waktu-waktu yang mendekatinya. Semakin dekat dengan hari lebaran, semakin dekat harga tiket itu. Tidak heran jika memesan tiket jauh-jauh hari sebelum hari lebaran adalah hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan harga tiket yang lebih murah. Untuk ini, Anda perlu menentukan tanggal keberangkatan hingga segera bisa menentukan waktu cuti kantor yang pas untuk memesan tiket. Selain mendapatkan harga yang lebih murah, memesan tiket dari jauh-jauh hari juga bisa menghindarkan Anda dari rasa khawatir kehabisan tiket karena jumlah pemesanan tiket yang sudah pasti jauh lebih membludak dibandingkan hari-hari biasa.

2. Menyiapkan perbekalan

Menyiapkan perbekalan adalah hal wajib yang harus Anda lakukan, apalagi jika tujuan mudik Anda jauh dan menghabiskan waktu yang lama di jalan. Perbekalan ini bisa mencakup asupan makanan atau minuman hingga barang-barang penting yang mungkin diperlukan selama perjalanan, misalnya saja kotak P3K. Nah, ada baiknya jika Anda juga tidak mendadak menyiapkan perbekalan ini agar terhindar dari grasa-grusu yang membuat waktu jadi terasa sempit dan adanya barang yang ketinggalan.

3. Isi pulsa yang cukup

Poin ini mungkin terdengar sepele tapi hal ini juga lah yang akan membantu dan menghindarkan Anda dari kerepotan yang tidak diinginkan. Misalnya saja kehabisan pulsa yang akan membuat Anda sulit menghubungi kerabat atau mengakses apapun yang Anda perlukan melalui telepon genggam.

4. Siapkan “amunisi” hiburan

Jika Anda mudik dengan menggunakan kereta atau mobil yang membutuhkan waktu yang panjang, untuk tidak khawatir bosan di perjalanan, Anda bisa menyiapkan amunisi hiburan. Misalnya saja buku jika Anda suka membaca, music, atau film yang disimpan di telepon genggam Anda. Terutama jika Anda tidak menyetir yang membutuhkan konsentrasi penuh.

5. Menggunakan asuransi

Jika Anda tidak mau mudik karena khawatir dengan bahaya di jalan atau bahkan khawatir dengan rumah Anda yang ditinggalkan, Anda bisa menggunakan asuransi. Asuransi  seperti asuransi untuk rumah, asuransi mobil, asuransi kesehatan, atau bahkan asuransi perjalanan adalah pilihan terbaik untuk setidaknya meminimalisir rasa khawatir Anda.


Join the Discussion